Cara Membuat Landing Page di dashboard wordpress

Cara Membuat Landing Page

Sebelum lanjut ke topik utaman Cara Membuat Landing Page di dashboard wordpress simak terlebih dahulu ulasan berikut.

Apa itu Landing Page?

Landing Page adalah halaman yang dibuat khusus untuk meningkatkan penjualan atau menghasilkan prospek untuk bisnis.

Mereka banyak digunakan dalam pemasaran berbayar, email, dan kampanye media sosial. Pengguna yang berasal dari sumber ini akan mendarat di halaman ini terlebih dahulu, itulah sebabnya disebut Landing Page.

Cara Membuat Landing Page

Apa perbedaan antara beranda/hompage dan halaman arahan/Landing Page?

Sebuah homepage adalah halaman depan situs web Anda dan apa yang pengguna akan melihat ketika mereka memasukkan nama domain Anda di browser mereka. Di sisi lain, Landing Page bisa menjadi halaman mandiri tempat sebagian besar pengunjung mendarat dari sumber lalu lintas berbayar atau pihak ketiga.

Beranda situs web Anda dirancang bagi pengunjung untuk terlibat dengan situs web Anda, menjelajahi halaman lain, menelusuri produk, atau mendaftar. Ini memiliki lebih banyak tautan dan memberi pengguna lebih banyak pilihan.

Di sisi lain, Landing Page, juga disebut “halaman pemerasan”, dibuat untuk tingkat konversi yang lebih tinggi. Ini memiliki lebih sedikit tautan dan dirancang bagi pengguna untuk membuat keputusan pembelian atau memberikan informasi mereka untuk penjangkauan di masa mendatang.

Situs web Anda hanya dapat memiliki satu beranda, tetapi Anda dapat membuat laman landas sebanyak yang Anda inginkan untuk kampanye yang berbeda. Sebagai contoh:

  • Landing Page untuk kampanye iklan berbayar Anda
  • Halaman untuk pelanggan yang datang dari daftar email Anda, pengunjung dari media sosial, dan banyak lagi
  • Pengguna mendarat di halaman produk atau layanan tertentu
  • dan masih banyak lagi…

Karena itu, mari kita lihat cara membuat Landing Page khusus yang indah di WordPress tanpa memerlukan pengetahuan CSS, HTML, atau PHP.

Kami telah memilih tiga solusi teratas untuk membuat Landing Page di WordPress. Pembuat Landing Page ini mudah digunakan, dioptimalkan untuk kecepatan, dan terjangkau untuk bisnis kecil. Anda dapat memilih solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mari kita mulai dengan metode pertama.

1# Cara Membuat Landing Page di dashboard wordpress menggunakan SeedProd

Cara ini adalah yang paling mudah dan direkomendasikan untuk semua pengguna.

Untuk metode ini, kita akan menggunakan SeedProd. Ini adalah plugin Landing Page WordPress terbaik di pasar dan memungkinkan Anda membuat semua jenis Landing Page tanpa memerlukan pengkodean. SeedProd juga dioptimalkan agar ringan, cepat, dan SEO friendly.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin SeedProd . Untuk detail lebih lanjut.

Catatan: Ada versi gratis dari plugin SeedProd yang tersedia di WordPress.org, tetapi kami akan menggunakan versi Pro karena menawarkan fitur yang lebih.

Setelah aktivasi, Anda akan diminta untuk memasukkan kunci lisensi Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di bawah akun Anda di situs web SeedProd.

Cara Membuat Landing Page

Selanjutnya, Anda perlu mengunjungi halaman SeedProd dan klik tombol ‘Tambah Landing Page Baru’.

Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih tema Landing Page.

SeedProd hadir dengan lusinan templat Landing Page yang tertata rapi untuk berbagai jenis kampanye. Cukup klik untuk memilih template yang ingin Anda gunakan sebagai titik awal.

Cara Membuat Landing Page

Anda akan diminta untuk memberikan judul untuk halaman Anda dan memilih URL. Pilih judul halaman yang menarik dan jangan lupa untuk menambahkan kata kunci target Anda di URL halaman.

Cara Membuat Landing Page

Ini akan memuat antarmuka pembuat halaman SeedProd. Pembuat seret dan lepas sederhana ini akan menampilkan pratinjau langsung halaman Anda di sebelah kanan dan bilah alat di sebelah kiri.

Cara Membuat Landing Page

Blok adalah alat desain inti di SeedProd. Anda dapat menggunakannya untuk membuat tata letak apa pun yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menggunakan kolom untuk menempatkan blok berdampingan.

Anda cukup mengarahkan dan mengklik blok mana saja di halaman untuk menyesuaikannya. Anda juga dapat menarik dan melepas blok untuk memindahkannya ke atas atau ke bawah.

Baca Juga |  Rekomendasi tema website di wordpress

Cara Membuat Landing Page

Anda dapat menambahkan blok baru ke halaman Anda dari kolom kiri. SeedProd hadir dengan elemen desain Landing Page populer yang dapat Anda seret dan lepas di mana saja di halaman Anda.

Anda juga dapat mengubah warna latar belakang, menambahkan gambar latar belakang, mengubah warna dan font agar sesuai dengan merek atau tema Anda.

SeedProd hadir dengan ‘Bagian’ area desain umum yang digunakan oleh Landing Page. Misalnya, header, gambar pahlawan, ajakan bertindak, testimonial, formulir kontak , FAQ , fitur, footer, dan banyak lagi.

Cara Membuat Landing Page

SeedProd juga kompatibel dengan WooCommerce . Ini memungkinkan Anda membuat Landing Page produk, Landing Page eCommerce, halaman promosi untuk penjualan dan acara lainnya.

Cara Membuat Landing Page

Blok WooCommerce termasuk tombol tambahkan ke keranjang, checkout, produk unggulan, kisi produk, dan banyak lagi. Ini memungkinkan Anda membuat kampanye pemasaran yang benar-benar menakjubkan tanpa membatasi diri Anda pada tema WooCommerce Anda.

Cara Membuat Landing Page

Menghubungkan Landing Page Anda ke Alat Pihak Ketiga

Untuk membuat Landing Page yang baik untuk menghasilkan prospek, Anda dapat menambahkan formulir pendaftaran daftar email tempat pengguna dapat bergabung dengan buletin Anda atau memberikan informasi kontak mereka.

SeedProd membuatnya sangat mudah untuk menghubungkan Landing Page Anda ke layanan pemasaran email populer seperti Kontak Konstan atau Mailchimp . Cukup beralih ke tab ‘Hubungkan’ lalu pilih penyedia layanan email Anda.

Cara Membuat Landing Page

Perlu terhubung ke layanan yang tidak terdaftar di sana? Jangan khawatir, SeedProd bekerja dengan Zapier yang bertindak sebagai jembatan antara SeedProd dan lebih dari 3000+ aplikasi lain di Zapier.

Cara Membuat Landing Page

Menyimpan dan Memublikasikan Landing Page Anda

Setelah Anda selesai mengedit halaman Anda, Anda cukup mengklik tombol Simpan dan kemudian pilih Terbitkan.

Cara Membuat Landing Page

Menerbitkan Landing Page Anda akan membuatnya ditayangkan di situs web Anda.

Menggunakan Domain Khusus untuk Landing Page Anda

Apakah Anda memiliki domain khusus yang ingin Anda gunakan untuk Landing Page Anda?

Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan situs WordPress Anda untuk membuat Landing Page, halaman segera hadir, halaman produk, kampanye iklan bertarget geografis, situs mikro, dan banyak lagi dengan nama domain mereka sendiri.

Alih-alih membuat jaringan multisitus WordPress atau menginstal beberapa situs web WordPress , Anda cukup membuat Landing Page dan mengarahkannya ke nama domain khusus Anda.

Cukup beralih ke tab Pengaturan Halaman dan kemudian klik pada bagian ‘Domain Kustom’.

Cara Membuat Landing Page

Pastikan penyedia hosting WordPress Anda mengizinkan Anda menggunakan beberapa domain, dan Anda telah menambahkan nama domain ke dasbor hosting Anda.

2. Cara Membuat Landing Page di dashboard wordpress menggunakan Beaver Builder

Beaver Builder adalah pembuat halaman WordPress drag & drop populer lainnya . Ini memungkinkan Anda membuat Landing Page dengan mudah menggunakan templat siap pakai yang dapat Anda modifikasi dengan alat seret dan lepas sederhana.

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Beaver Builder .

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Pengaturan »Pembuat Beaver untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

Cara Membuat Landing Page

Di bawah tab Lisensi, klik tombol ‘Masukkan Kunci Lisensi’ untuk menambahkan kunci lisensi Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di bawah akun Anda di situs web Beaver Builder.

Selanjutnya, Anda perlu menuju ke Halaman »Tambah halaman Baru dari dasbor WordPress untuk membuat Landing Page pertama Anda.

Beaver Builder bekerja dengan semua tema WordPress teratas . Banyak dari tema ini datang dengan templat Landing Page yang dirancang untuk bekerja dengan plugin pembuat halaman. Biasanya, mereka adalah tata letak yang lebar tanpa bilah sisi dan widget.

Jika tema Anda tidak memiliki templat seperti itu, Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan tema anak.

Pilih Landing Page atau templat lebar penuh dari kotak ‘Atribut Halaman’ di kolom kanan dan sekarang simpan halaman Anda untuk menerapkan perubahan.

Baca Juga |  Cara Agar BLOG Muncul Di GOOGLE | Tips Jitu

Cara Membuat Landing Page

Anda sekarang siap untuk membuat Landing Page.

Klik tombol ‘Luncurkan Beaver Builder’ di editor pos untuk meluncurkan antarmuka pembuat.

Cara Membuat Landing Page

Beaver Builder akan terbuka dengan templat Landing Page tema Anda. Anda perlu mengklik tombol tambah di sudut kanan atas layar dan beralih ke tab Template.

Cara Membuat Landing Page

Di sini, Anda akan menemukan beberapa template siap pakai untuk dipilih. Pilih ‘Landing Page’ dari menu tarik-turun grup, lalu pilih template yang terlihat mirip dengan apa yang ada dalam pikiran Anda.

Setelah Anda memilih template, Beaver Builder akan memuatnya di jendela pratinjau.

Cara Membuat Landing Page

Anda sekarang dapat mengarahkan dan mengklik konten halaman mana pun untuk mengeditnya. Anda dapat mengubah teks, mengubah warna latar belakang atau gambar, menyesuaikan lebar dan tinggi baris dan kolom.

Anda dapat menambah atau menghapus item konten dari template Anda. Cukup klik tombol tambah dan alihkan ke tab baris. Anda dapat menambahkan satu atau beberapa kolom.

Cara Membuat Landing Page

 

Anda sekarang dapat mengunjungi halaman untuk melihat Landing Page Anda beraksi. Jangan ragu untuk mengeditnya lagi jika Anda perlu menyesuaikan, menambah, atau menghapus apa pun.

3# Cara Membuat Landing Page di dashboard wordpress menggunakan Divi

Divi adalah plugin pembuat halaman WordPress yang populer oleh tim di belakang Elegant Themes . Muncul sebagai tema dengan dukungan pembuat halaman, dan Anda juga dapat menggunakannya sebagai pembuat halaman mandiri.

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Divi Builder .

Catatan: Jika Anda menginstal tema Divi maka Anda tidak perlu menginstal plugin pembuat halaman.

Setelah aktivasi, Anda dapat pergi ke Halaman »Tambah halaman Baru untuk membuat Landing Page Anda. Pada layar edit halaman, klik tombol ‘Gunakan Divi Builder’ untuk meluncurkan pembuat halaman Divi.

Selanjutnya, Anda akan melihat popup selamat datang untuk membiasakan diri dengan editor, Anda dapat keluar dengan mengklik tombol Mulai Membangun.

Setelah itu, Anda akan melihat opsi untuk memulai dari awal, memilih tata letak, atau mengkloning halaman. Anda perlu mengklik tombol pilih tata letak.

Divi hadir dengan banyak templat Landing Page siap pakai yang diatur berdasarkan kategori. Cukup klik untuk memilih template yang ingin Anda gunakan sebagai titik awal.

Di layar berikutnya, Anda akan melihat detail tata letak dan template lain yang disertakan. Sebagian besar paket tata letak akan menyertakan templat Landing Page yang dapat Anda gunakan.

Cukup klik tombol ‘Gunakan tata letak ini’ untuk melanjutkan.

Anda mungkin diminta untuk memberikan nama pengguna akun Divi dan kunci API Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di bawah akun Anda di situs web Elegant Themes.

Divi sekarang akan mengambil dan menginstal tata letak yang Anda pilih dari perpustakaan. Setelah itu, Anda akan melihat pratinjau langsung halaman Anda di dalam pembuat halaman.

Anda cukup mengarahkan dan mengklik untuk memilih dan mengedit elemen di layar. Untuk elemen teks, Anda cukup meletakkan kursor di atas teks yang ingin Anda edit dan mulai mengetik.

Untuk elemen lain, Anda akan melihat popup muncul di layar dengan opsi untuk mencoba berbagai penyesuaian.

Divi menggunakan bagian, baris, dan modul untuk membangun tata letak. Anda dapat menambahkan bagian, baris, atau modul dengan mengklik ikon + di mana saja pada halaman.

Setiap modul dilengkapi dengan pengaturan berbeda yang dapat Anda sesuaikan setelah memasukkannya. Divi hadir dengan banyak opsi lanjutan untuk setiap elemen.

 

Setelah Anda selesai mengedit, Anda cukup mengklik tombol Publish di sudut kanan bawah layar.

 

Anda sekarang dapat mengklik tombol Keluar dari Pembuat Visual di bilah alat admin WordPress untuk keluar dari editor.

 

Pembuat sekarang akan mengarahkan Anda kembali ke versi langsung Landing Page Anda. Anda masih dapat melanjutkan pengeditan dengan mengeklik ‘Aktifkan Editor Visual’ pada bilah alat di bagian atas.

 

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari Cara Membuat Landing Page di dashboard wordpress anda. Apabila anda sedang mencari tema atau template untuk website, baca ini.

You May Also Like

About the Author: My Admin

Teknobi45 adalah situs untuk berbagi pengalaman dan belajar bersama di dunia internet marketing.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.